Travel Umrah AFI TOUR - Hub : Hj. Ita 0813 1994 3 555

Artikel » Kapan sebaiknya Umrah?

Urut berdasarkan

arrow product Kapan Sebaiknya Umrah?

Kapan Sebaiknya Umrah?

Sebelum memutuskan untuk beribadah Umrah ada baiknya kita mengetahui kapan waktu yang paling tepat dan nyaman untuk melaksanakan ibadah Umrah. Pada dasarnya kita dapat melaksanakan ibadah umrah setiap waktu kecuali pada saat pelaksanaan ibadah haji. Namun pada waktu-waktu tertentu kota Makkah dan Madinah akan dibanjiri jutaan jamaah dari berbagai belahan dunia. Faktor-faktor yang menentukan jumlah jamaah umrah diantaranya adalah waktu-waktu ibadah yang istimewa, kebijakan pemerintah Arab Saudi, kondisi iklim dan waktu liburan.
Waktu Ibadah Istimewa
Musim umrah biasanya dimulai pada pertengahan bulan Rabiul Awal. Pada masa ini jamaah relatif padat karena ini adalah awal umrah sehingga banyak jamaah yang ingin segera melaksanakan ibadah umrah pada bulan ini. Selain itu pada bulan Rabiul Awal juga bertepatan dengan bulan kelahiran Rasulullah Muhammad SAW, sehingga banyak jamaah yang sekalian merayakannya dengan berziarah ke maqam Rasul di Masjid Nabawi, Madinah.
Kemudian kepadatan jamaah di Makkah Al Mukaramah dan Madinah Al Munawarah akan berangsur-angsur berkurang hingga bulan Jumadil Tsani/Akhir. Pada bulan ini biasanya kepadatan jamaah akan mencapai titik terendah dalam musim Umrah. Jamaah biasanya akan menunggu bulan Rajab yang dianggap termasuk bulan baik untuk melaksanakan Umrah
Pada bulan Rajab dan Syaban jamaah umrah akan berangsur-angsur naik. Kepadatan jamaah mulai tinggi baik di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi.Musim Umrah akan mencapai puncaknya di bulan Ramadhan, terutama di 10 hari terakhir. Nikmat dan ganjaran pahala ber-Umrah di bulan Ramadhan yang setara dengan ber-Haji , di tambah pahala malam Lailatul Qadr yang setara dengan sepuluh ribu bulan serta suasana puasa dan tarawih di kedua masjid istimewa menjadi daya tarik yang paling kuat.
Kota Makkah dan Madinah menjadi sangat padat. Jamaah akan sering bersinggungan bahu. Tingkat hunian hotel juga tinggi. Hampir semua hotel penuh. Hal ini memicu naiknya harga-harga barang dan jasa. Oleh karenanya biasanya biaya Umrah di bulan-bulan ini relatif lebih mahal dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya. Harga akomodasi dan transportasi melonjak sampai sepuluh kali lipat yang berakibat biaya ber-Umrah pada bulan Ramadhan menjadi sangat tinggi. Tidak disarankan mengajak anak-anak ber-Umrah pada musim ini.

Kebijakan Pemerintah Arab Saudi
Sesuai dengan kebijakan pemberian visa umrah oleh pemerintah Arab audi, musim Umrah hanya berlangsung kurang lebih 6 bulan lamanya. Musim Umrah biasanya dimulai pada pertengahan bulan Rabiul Awal. Namun biasanya proses Visa oleh Kedutaan Saudi cenderung mundur sekitar 10-15 hari. Sehingga musim Umrah akan dimulai pada minggu-minggu akhir bulan Rabiul Awal. Musim Umrah akan berakhir bertepatan dengan berakhirnya bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam. Visa Umrah sudah tidak akan diterbitkan lagi sampai dengan musim Umrah berikutnya.
Iklim
Meskipun umrah bisa dilakukan kapan saja, pemilihan waktu berangkat cukup penting. Hal ini berkaitan dengan kondisi Arab Saudi yang memiliki iklim gurun. Pada musim panas (Juni-Agustus) suhu udara bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius. Sebaliknya pada musim dingin (November-Februari) suhu pada siang hari 38-42 derajat celsius, sementara malam bisa mencapai 8 derajat celsius. Pada bulan Maret-Mei, cuaca bisa dikatakan sedang sejuk dan lebih bersahabat. Mengingat cuaca yang begitu panas, ada baiknya memilih waktu sesuai dengan kondisi Anda.
Dengan mengetahui hal-hal tersebut maka jamaah bisa menyesuaikan kapan waktu yang tepat untuk berumrah sesuai dengan kemampuan